Kejar Pembangunan Infrastruktur di 2017

Ditulis : Selasa, 2017-08-08 - 14:17:40

Kejar Pembangunan Infrastruktur di 2017

SIDODADI –  Dana Desa merupakan program pemerintah pusat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembangunan, baik pembangunan secara Fisik ataupun Pembangunan Sumberdaya Manusia-nya. Oleh Karena itu pemerintah Desa dituntut untuk selalu Akuntabel, Transparan, Efisien serta Proporsional dalam menggunakan dana desa dalam rangka kemajuan desa.

Seperti halnya desa Sidodadi, pada saat ini desa Sidodadi berupaya meningkatkan Kualitas Pembangunan Fisik (Infrastruktur),yaitu melalui Pembangunan Jalan Lapen, Sumur Bor, Serta Gorong-gorong Plat yang bersumber langsung dari Dana Desa (DD).  Pembangunan Jalan Lapen dilatarbelakangi dari masih banyaknya Jalan desa yang belum mendapat pengerasan Jalan Aspal, maka pada Tahun Anggaran 2017 ini Pemerintah desa Sidodadi melaksanakan pembangunan Jalan Lapen di Dusun III,dan IV dengan volume dengan volume 3 x 1697m. Tujuan adanya pembangunan jalan Lapen ini adalah diharapkan Terciptanya mobilitas kendaraan yang lancar, semakin mudahnya masyarakat dalam mengeluarkan hasil panen menuju pusat transaksi, terciptanya usaha penyedia barang dan jasa, sehingga dapat berdampak positif dalam peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Selain Lapen, Pembangunan fisik lainnya yaitu Pembangunan Sumur Bor. Pembangunan Sumur Bor terletak di Dusun II, VII, dan VIII dengan kedalaman 60m. Pembangunan sumur bor ini dilatarbelakangi oleh fasilitas air bersih di dusun tersebut pada waktu musim kemarau sangatlah dibutuhkan, karena sebagian besar masyarakat disana masih memiliki sumur gali, sehingga ketersediaan air bersih diwaktu kemarau mengalami kekurangan. Selain fasilitas air bersih bagi kebutuhan dasar masyarakat. Kebutuhan untuk pengairan tanaman hortikultura juga merupakan kebutuhan yang penting mengingat bahwa pada saat ini sebagian dari masyarakat Desa Sidodadi mulai menanam tanaman holtikultura di pekarangan kosong yang ia miliki, sehingga dengan adanya sumur bor maka dharapkan tanaman hortikultura dapat tumbuh dengan baik sehingga terjadi peningkatan produktivitas.

Infrastruktur Lain yang menjadi prioritas pada tahun ini adalah pembangunan Gorong-Gorong Plat, yang dilakukan di Dusun I, IV, V, VII dan,VIII dengan Volume 0,5×0,5x5m. Pembangunan Gorong-gorong Palat ini dilatarbelakangi dari masih belum lancarnya aliran air yang mengalir di drainase ketika saat hujan turun, hal ini disebabkan adanya penyumbatan di berbagai titik drainase tersebut, sehingga berkibat air tidak dapat mengalir secara tuntas dan menggenang di badan Jalan, tentunya apabila hal ini dibiarkan akan merusak kualitas badan jalan sehingga dapat membuat jalan menjadi berlubang.

Berbagai pembangunan di atas merupakan prioritas pembangunan fisik di Desa Sidodadi pada Tahun Anggaran 2017 ini, dibutuhkan peran seluruh masyarakat desa Sidodadi untuk turut aktif dalam pembangunan tersebut, karena secara langsung terdapat nilai swadaya masyarakat dalam pembangunan di desa melalui post anggaran Dana Desa (DD). Sehingga diharapkan masyarakat desa juga dapat merasa memilki dan dapat merawat berbagai Infrastruktur tersebut.

SIDODADI