Revitalisasi Bumdes Sido Makmur

Ditulis : Jumat, 2018-01-19 - 14:44:48

Revitalisasi Bumdes Sido Makmur

 

sidodadi-lampungtimur.desa.id. Perekonomian merupakan bidang yang penting dan menjadi titik berat dalam mencapai kesejahteraan masyarakat desa. Pada saat ini pemerintah Memproyeksikan Bumdes dalam jangka panjang dapat menjadi pelaku ekonomi di lingkup masyarakat pedesaan dan memberikan manfaat langsung bagi masyaraakat desa tersebut.

Bukti nyata dari upaya mencapai kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Desa Sidodadi merevitalisasi Bumdes dengan menyuntikkan modal usaha kepada Bumdes Sumber Makmur, modal Usaha tersebut bersumber dari Pos Dana Desa Tahun Anggaran 2017. Unit Usaha Bumdes yang menjadi fokus pada saat ini adalah usaha Pembuatan Pupuk Organik Serta Usaha Jasa (Meliputi penjualan pulsa listrik PLN, Hp, Pembayaran BPJS, serta pembayaran cicilan kendaraan bermotor).

Pada unit usaha pembuatan pupuk organik, hal ini dilatarbelakangi karena pupuk organik merupakan komoditas pertanian yang penting serta memiliki prospek yang baik karena memilki tingkat permintaan yang tinggi di kalangan masyarakat petani, perkebunan, khususnya masyarakat Desa Sidodadi yang mengusahakan pertanian hortikultura. Bahan baku dari pembuatan pupuk organik terdiri atas kotoran sapi dan kotoran kambing (feses) yang difermentasi dan telah melalui proses penggilingan dan pengemasan.

Dalam rangka menyukseskan usaha Bumdes tersebut diharapkan Partisipasi dari berbagai pihak. Langkah konkrit yang dapat dilakukan oleh masyarakat desa Sidodadi yaitu dengan menjadi Konsumen dari produk Bumdes Sido Makmur, seperti membeli Produk Pupuk Organik, dan juga menjadi Konsumen seperti membeli Pulsa Hp ataupun yang lainnya.

Tentu saja hal ini akan berjalan apabila masyarakat desa Sidodadi juga mendukungnya, dengan dimulai dari langkah yang kecil. Semoga usaha yang ada di Bumdes Sumber Makmur dapat Berjalan dengan lancar dan pada akhirnya akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di lingkup desa sidodadi.

SIDODADI